Kamis, 03 Mei 2012

Hardiknas yang Lumrah



Hari ini adalah hari pendidikan nasional, hari dimana setiap tanggalnya Negara ini memperingatinya
Sedikit berbicara tentang pendidikan, kita bisa melihat pola pembelajaran dan pendidikan Negara kita ini yang begitu mudah dan terkesan serba instant, tak ada yang sulit mungkin untuk anak sekolah jaman sekarang
Kenapa saya berbicara seperti ini, dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SD begitu sulit memahami materi materi yang diberikan oleh guru saya, dan tugas tugas yang diberikan selalu membuat saya pusing tapi bukan berarti saya bodoh juga hehe, dan setiap ada tugas materi yang harus dicari selalu menyusahkan saya karna harus mengumpulkan materi dengan hasil otak sendiri
Tetapi bila melihat anak sekolah jaman sekarang tak ada yang sulit buat mereka, kenapa ? ya . . saya pernah melihat anak sekolah pergi ke warnet, dan saya bertanya, adik mau ngapain ? saya mau cari tugas kak, memangnya tugas apa yang kamu cari ? saya mau cari tugas tentang pelajaran IPS yang diberikan oleh guru saya,
Sejenak saya pergi dan biarkan anak itu mencari tugasnya, dan tak lama kemudian anak itu memanggil saya, kak, bantuin aku dong, iya apa yang bisa saya bantu dik ? tolong bantu copas materi ini, karna saya mau cetak untuk tugas besok , what ?? tadinya saya berpikir mungkin anak ini mencari bahan materinya saja dan selanjutnya dia meringkas dan mengambil materi yang diperlukan saja tetapi ternyata anak ini mutlak mencopas semua materi yang ada di google tadi ,
Melihat pola belajar si anak tadi apa iya semua yang di pelajari di bangku sekolah masuk di otak atau tidak ? atau mungkin itu memang perintah sang guru untuk si anak, atau mungkin itu sudah hal biasa untuk anak sekolah jaman sekarang ? dan itu bukan terjadi kali pertama, saya sudah sering melihat anak sekolah setiap ke warnet tujuannya mengcopas materi,
Bagaimana anak didik Negara ini bisa cerdas jika di kehidupan sehari harinya hanya copas mengcopas, dan bicara soal ahklak, mungkin bicara soal yang satu ini perilaku anak didik Negara ini sudah bisa kita lihat, ya . . terbiasa dengan tawuran, cabut, dan terkesan urak urakan,
Dan mungkin tawuran sudah menjadi tradisi bagi hampir separuh anak sekolah di jabodetabek, saya tidak habis pikir apa selabil ini anak jaman sekarang ? sampai sampai budaya ramah tamah hilang dengan sendirinya
Dan terkadang saya tertawa melihat anak sekolah yang mungkin baru melaksanakan ujian nasional, setelah mereka selesai melaksanakan UN mereka langsung corat coret baju, haha . . mungkin itu suatu kebanggaan atau mungkin suatu kegembiraan karna mereka berhasil melewati UN, berhasil ? memang mereka sudah tahu pasti lulus atau tidak? Haha . .
Kembali kepada kita semua, apa jadinya masa depan Negara ini jika anak didik kita hanya mampu mengcopas dan memiliki perilaku yang bisa di bilang bukan perilaku seorang anak sekolah, dan cenderung sepeti perilaku preman
Apa kita sebagai warga Negara ini hanya bisa berkata, ya jalanin aja apa yang terjadi, yaudah ,. wassalamlah Negara ini,
Semakin majunya teknologi semakin terpuruknya Negara ini, ya bagaimana tidak teknologi berkembang sekarang di salah gunakan oleh anak didik kita, dan terkesan meniru style negeri luar,
Dan menurut saya pribadi di jaman sekarang, sekolah adalah tempat arena bermain untuk anak sekolah jaman sekarang, saya contohkan sebagai arena chatting, haha
Dan satu lagi yang bikin saya tertawa, setelah anak lulus dari jenjang SMA, bagi yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi mungkin okay, tapi bagi yang kurang mampu dan hanya stop di SMA saja mereka kebingungan mau ngelamar kerja apa, secara tidak punya skill, hanya mengandalkan SELEMBAR KERTAS BERSTEMPEL LULUS hahahahaahaha
Selamat hari pendidikan nasional ya . .
Dan sampai jumpa di HARDIKNAS tahun depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar